Sabtu, 11 Desember 2010

Google Berharap Nokia Doyan Android





Jakarta - Belum ada tanda-tanda Nokia bakal mengadopsi Android, meski popularitas sistem operasi mobile buatan Google ini seolah tak terbendung. Padahal pihak Google sendiri sejatinya berharap, Nokia akan mau menggandeng Android.

Adalah Andy Rubin, Vice President of Google's Mobile Platforms, yang mengutarakan harapan itu seperti detikINET kutip dari Computerworld, Sabtu (11/12/2010). Namun Rubin menolak menjelaskan apakah memang sudah ada diskusi antara Google dan Nokia tentang Android.

"Saya pikir perusahaan ini (Nokia) memiliki kepemimpinan baru, mereka mengevaluasi apa saja pilihan mereka. Saya seorang pendukung besar Android dan saya pun berharap mereka mengadopsinya," ucap Rubin dalam sebuah konferensi.

Nokia masih jadi pemimpin pasar smartphone dunia, dengan pangsa pasar sekitar 34%. Namun OS Symbian yang digunakan kebanyakan smartphone Nokia dipandang sudah usang. Menurut Rubin, Symbian sedang pudar dan sorotan kini beralih ke MeeGo, OS yang dikerjakan Nokia bersama Intel.

Para analis berspekulasi, Nokia dan Google telah atau akan bertemu untuk membicarakan Android. Pertemuan ini dirasa masuk akal mengingat Nokia mengalami transformasi dalam manajemennya. Nokia telah memiliki CEO baru, Stephen Elop, yang diangkat bulan September lalu.

Meski begitu, Nokia memang sudah berulangkali menyatakan setia pada Symbian. Bahkan seorang pejabat Nokia belum lama ini menyatakan Symbian adalah platform terbaik sehingga tidak ada alasan bagi perusahaannya untuk memakai Android.

0 komentar:

Posting Komentar